Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien

Apa kamu pernah punya perasaan bahwa kerja sampingan atau pun pekerjaan yang kamu lakukan saat ini tidak ada habisnya? Atau, kalaupun selesai hasilnya tidak sesuai dengan harapan atau ekspektasi sehingga mengakibatkan suasana jadi berantakan? Jika jawabanmu ya, maka bisa jadi kamu punya masalah terkait dengan efisiensi siklus kerja.

Tips Menjalani Pekerjaan yang Efektif dan Efisien

https://kalamada.blogspot.com/
Foto: 5 Tips dalam Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien

Menurut catatan Forbes, bahwa efisiensi kerja menjadi perkara penting bagi perusahaan-perusahaan terbaik ada di penjuru dunia. Sebuah pekerjaan dikatakan efisien apabila mampu mengurangi pemakaian waktu dan tenaga untuk hal-hal yang tidak penting sehingga mempunyai produktivitas yang tinggi.

Sebagai seorang pekerja profesional, tentunya kamu juga memerlukan efisiensi kerja yang maksimal agar menunjang karir dan kehidupan pribadimu. Baik itu ketika kamu bekerja di rumah, di kantor, atau juga bisa kedua-duanya, efisiensi yang maksimal dapat menjadikan sebuah pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat, dan tepat. Nah, kira-kira cara untuk Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien itu gimana ya? Sebelum kamu membaca tips dan triknya, baiknya kamu pahami dulu dengan baik apa yang dimaksud dengan efisiensi kerja itu.

Baca juga: Kerja Sampingan Modal 500 Ribu: Peluang Bisnis yang Terjangkau

Apa yang Dimaksud Kerja Efektif dan Efisiensi?

Sebuah penjelasan yang saya kutip dari Hubworks, menyampaikan bahwa efisiensi kerja itu berkaitan dengan suatu sistem yang membantu individu atau perusahaan menghasilkan output sebanyak mungkin dengan input yang sesedikit mungkin. Oleh karena itu, efisiensi kerja terkait erat hubungannya dengan produktivitas. Maka, tingkat efisiensi yang semakin tinggi dan bagus akan membuat lebih banyak pekerjaan terselesaikan dengan dan dalam waktu yang lebih singkat, cepat dengan sumber daya yang tentunya lebih sedikit. Artinya, efisiensi kerja ialah suatu cara untuk “work smarter, not harder”.

Praktikkan 5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien, di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan yang Realistis

Penentuan sebuah tujuan di awal pejerkaan bisa membantu kamu dalam meraih kesuksesan. Tanpa adanya sebuah tujuan yang jelas, Kamu akan mudah jenuh dan bosan, bekerja tanpa arah dan itu akan menguras energi dan terbuang sia-sia. Maka dari itu, penentuan sebuah tujuan dalam bekerja dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi dalam ritme kerja kamu, tentunya tujuan yang reliastis yang memungkinkan untuk kamu jangkau. Sebagaimana diulas dalamartikel di Indeed.com, tujuan realistis adalah sesuatu yang dapat diraih dengan pikiran, tingkat motivasi, jangka waktu, skill dan kemampuan yang Kamu miliki sekarang. Tujuan yang realistis akan memudahkan kamu dalam menentukan harapan dan keingin yang akan kamu gapai dalam hidup. Di antara formula menentukan tujuan kerja yang realistis adalah memakai pendekatan SMART, yakni: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-based.

2. Manajemen Waktu

Apabila kamu sering dihadapkan dengan masalah suatu pekerjaan yang terus-terusan menumpuk disertai tuntutan agar segera untuk diselesaikan, maka kamu bisa mencoba memperbaiki manajemen waktu dalam bekerja. Manajemen waktu yang efektif akan membuat pekerjaan kamu terasa lebih teratur serta efisien. Bagaimana caranya? Mulai dengan cara membagi kegiatan sehari-hari kamu ke dalam sebuah catatan-catatan disertai target atau waktu penyelesaiiannya kemudian tempel, bisa di dinding, kamar atau sebagainya yang mudah dilihat, kemudian kerjakanlah sesuai dengan tenggat waktu ang tepat dan sesuaikan dengan kemampuan tenaga kamu.

3. Minimalkan Distraksi

Mengacuh pada sebuah penelitian di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta bahwa distraksi mengacu pada gangguan yang datang dari media dan terjadi ketika seseorang tengah mengakses informasi, khususnya melalui internet. Aktifitas pekerjaan yang bersinggungan dengan komputer dan jaringan internet berpotensi besar dalam membuat seseorang sering terdistraksi. Akan selalu muncul keinginan mengintip atau membuka akun media sosialnya, seperti: instagram, TikTok, Facebook, Whatsapp dan sebagainya atau kadang hanya sekedar menonton video iklan di YouTube.
 
Nah, meminimalisir distraksi dalam bekerja akan membuat pekerjaan kamu jauh lebih efisien. Kamu mulai saja caranya dengan mematikan pemberitahuan atau notifikasi samartphone kamu, atau menonaktifkan media sosial atau bisa juga dengan meng install software pembatas waktu di dalam komputer atau smartphone  yang kamu gunakan. Tips terkahir, posisikan smartphonemu jauh dari jangkaunmu, saya yakin hal tersebut bisa meningkatkan fokus kamu dan dan mengurangi distraksi dan kamu tetap bisa fokus bekerja.

4. Hadirkan Suasana Kerja yang Nyaman dan Mendukung

Siapa yang tidak suka dengan tempat kerja bersih dan nyaman? Secara normal semua orang pasti menginginkan hal tersebut. Sebab, dalam banyak kasus, tempat kerja yang nyaman mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Karena itulah, hal ini sangatlah penting bagi kamu untuk memperhatikan tingkat kebersihan dan kenyamanan tempat kerjamu.

5. Me Time dengan Istirahat yang Cukup

Apabila kamu sudah merasa jenuh, payah dan tidak fokus dalam mengerjakan tugas pekerjaan itu salah satu tanda tubuhmu dan otakmu menuntut untuk diistirahatkan. Jangan sampai terlalu memforsir tubuh dan tenaga dalam bekerja, sebab apabila seseorang terlalu banyak dalam bekerja dalam melupakan waktu istirahat, maka akan berdampak serius bagi kesehatan tubuh.
 
 
Dalam penelusuran yang saya lakukan, dari situs BBC.com, menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di atas 54 jam seminggu memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Overworking atau bekerja melebihi batas normal juga tidak efektif sebab sebab dengan kondisi tubuh serta mental yang tidak optimal, maka produktivitas kerja pun tentu akan menurun. Istirahatlah secukupnya, agar tetap bisa meningkatkan efisiensi kerjamu. Hanya dengan kondisi tubuh yang bugarlah, kemampuan untuk fokus seseorang alam bekerja akan meningkat.
 
5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien akan mempengaruhi kualitas kehidupanmu dan anggota keluargamu. Semakin efektif dan efisien waktu yang kamu dihabiskan dalam bekerja, maka kamu juga akan berpeluang semakin banyak waktu berkualitas yang bisa kamu manfaatkan untuk dirimu sendiri dan juga buat anggota keluargamu.

Posting Komentar untuk "5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien"