Apa kamu pernah
punya perasaan bahwa kerja sampingan atau pun pekerjaan yang kamu lakukan saat ini tidak ada habisnya? Atau, kalaupun selesai hasilnya tidak sesuai dengan harapan atau ekspektasi sehingga
mengakibatkan suasana jadi berantakan? Jika jawabanmu ya, maka bisa jadi kamu
punya masalah terkait dengan efisiensi siklus kerja.
Tips Menjalani Pekerjaan yang Efektif dan Efisien
|
Foto: 5 Tips dalam Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien
|
Menurut catatan
Forbes, bahwa efisiensi kerja menjadi perkara penting bagi
perusahaan-perusahaan terbaik ada di penjuru dunia. Sebuah pekerjaan dikatakan
efisien apabila mampu mengurangi pemakaian waktu dan tenaga untuk hal-hal yang
tidak penting sehingga mempunyai produktivitas yang tinggi.
Sebagai seorang
pekerja profesional, tentunya kamu juga memerlukan efisiensi kerja yang maksimal
agar menunjang karir dan kehidupan pribadimu. Baik itu ketika kamu bekerja di
rumah, di kantor, atau juga bisa kedua-duanya, efisiensi yang maksimal dapat
menjadikan sebuah pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat, dan tepat. Nah,
kira-kira cara untuk Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien itu
gimana ya? Sebelum kamu membaca tips dan triknya, baiknya kamu pahami dulu
dengan baik apa yang dimaksud dengan efisiensi kerja itu.
Baca juga: Kerja Sampingan Modal 500 Ribu: Peluang Bisnis yang Terjangkau
Apa yang Dimaksud Kerja Efektif dan Efisiensi?
Sebuah penjelasan
yang saya kutip dari Hubworks, menyampaikan bahwa efisiensi kerja itu berkaitan
dengan suatu sistem yang membantu individu atau perusahaan menghasilkan output
sebanyak mungkin dengan input yang sesedikit mungkin. Oleh karena itu, efisiensi
kerja terkait erat hubungannya dengan produktivitas. Maka, tingkat efisiensi
yang semakin tinggi dan bagus akan membuat lebih banyak pekerjaan terselesaikan
dengan dan dalam waktu yang lebih singkat, cepat dengan sumber daya yang
tentunya lebih sedikit. Artinya, efisiensi kerja ialah suatu cara untuk “work
smarter, not harder”.
Praktikkan 5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien, di bawah ini:
1. Tentukan Tujuan yang Realistis
Penentuan sebuah tujuan di awal pejerkaan bisa membantu kamu dalam meraih
kesuksesan. Tanpa adanya sebuah tujuan yang jelas, Kamu akan mudah jenuh dan
bosan, bekerja tanpa arah dan itu akan menguras energi dan terbuang sia-sia. Maka
dari itu, penentuan sebuah tujuan dalam bekerja dibutuhkan dalam meningkatkan
motivasi dalam ritme kerja kamu, tentunya tujuan yang reliastis yang
memungkinkan untuk kamu jangkau. Sebagaimana diulas dalamartikel di Indeed.com,
tujuan realistis adalah sesuatu yang dapat diraih dengan pikiran, tingkat
motivasi, jangka waktu, skill dan kemampuan yang Kamu miliki sekarang. Tujuan
yang realistis akan memudahkan kamu dalam menentukan harapan dan keingin yang
akan kamu gapai dalam hidup. Di antara formula menentukan tujuan kerja yang
realistis adalah memakai pendekatan SMART, yakni: Specific, Measurable,
Attainable, Relevant, dan Time-based.
2. Manajemen Waktu
Apabila kamu
sering dihadapkan dengan masalah suatu pekerjaan yang terus-terusan menumpuk disertai
tuntutan agar segera untuk diselesaikan, maka kamu bisa mencoba memperbaiki manajemen
waktu dalam bekerja. Manajemen waktu yang efektif akan membuat pekerjaan kamu
terasa lebih teratur serta efisien. Bagaimana caranya? Mulai dengan cara membagi
kegiatan sehari-hari kamu ke dalam sebuah catatan-catatan disertai target atau
waktu penyelesaiiannya kemudian tempel, bisa di dinding, kamar atau sebagainya
yang mudah dilihat, kemudian kerjakanlah sesuai dengan tenggat waktu ang tepat
dan sesuaikan dengan kemampuan tenaga kamu.
3. Minimalkan Distraksi
Mengacuh pada
sebuah penelitian di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta bahwa distraksi mengacu
pada gangguan yang datang dari media dan terjadi ketika seseorang tengah
mengakses informasi, khususnya melalui internet. Aktifitas pekerjaan yang
bersinggungan dengan komputer dan jaringan internet berpotensi besar dalam membuat
seseorang sering terdistraksi. Akan selalu muncul keinginan mengintip atau membuka
akun media sosialnya, seperti: instagram, TikTok, Facebook, Whatsapp dan
sebagainya atau kadang hanya sekedar menonton video iklan di YouTube.
Nah, meminimalisir
distraksi dalam bekerja akan membuat pekerjaan kamu jauh lebih efisien. Kamu mulai
saja caranya dengan mematikan pemberitahuan atau notifikasi samartphone kamu, atau
menonaktifkan media sosial atau bisa juga dengan meng install software pembatas
waktu di dalam komputer atau smartphone yang kamu gunakan. Tips terkahir, posisikan smartphonemu
jauh dari jangkaunmu, saya yakin hal tersebut bisa meningkatkan fokus kamu dan dan
mengurangi distraksi dan kamu tetap bisa fokus bekerja.
4. Hadirkan Suasana Kerja yang Nyaman dan
Mendukung
Siapa yang tidak
suka dengan tempat kerja bersih dan nyaman? Secara normal semua orang pasti menginginkan
hal tersebut. Sebab, dalam banyak kasus, tempat kerja yang nyaman mampu meningkatkan
produktivitas dalam bekerja. Karena itulah, hal ini sangatlah penting bagi kamu
untuk memperhatikan tingkat kebersihan dan kenyamanan tempat kerjamu.
5. Me Time dengan
Istirahat yang Cukup
Apabila kamu sudah merasa jenuh, payah dan tidak fokus dalam
mengerjakan tugas pekerjaan itu salah satu tanda tubuhmu dan otakmu menuntut
untuk diistirahatkan. Jangan sampai terlalu memforsir tubuh dan tenaga dalam
bekerja, sebab apabila seseorang terlalu banyak dalam bekerja dalam melupakan
waktu istirahat, maka akan berdampak serius bagi kesehatan tubuh.
Dalam penelusuran yang saya lakukan, dari situs
BBC.com, menunjukkan
bahwa orang-orang yang bekerja di atas 54 jam seminggu memiliki risiko kematian
yang lebih tinggi.
Overworking atau bekerja melebihi batas normal juga
tidak efektif sebab sebab dengan kondisi tubuh serta mental yang tidak optimal,
maka produktivitas kerja pun tentu akan menurun. Istirahatlah
secukupnya, agar tetap bisa meningkatkan efisiensi kerjamu. Hanya dengan kondisi
tubuh yang bugarlah, kemampuan untuk fokus seseorang alam bekerja akan
meningkat.
5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien akan mempengaruhi kualitas
kehidupanmu dan anggota keluargamu. Semakin efektif dan efisien waktu yang kamu
dihabiskan dalam bekerja, maka kamu juga akan berpeluang semakin banyak waktu
berkualitas yang bisa kamu manfaatkan untuk dirimu sendiri dan juga buat
anggota keluargamu.
Posting Komentar untuk "5 Tips Menjalani Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien"
Silahkan menyematkan komentar atau tanggapan tentang isi blog ini dengan santun, ya!