Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa
Foto: Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Predikat sebagai mahasiswa merupakan suatu hal yang istimewa. Karena status mahasiswa merupakan penyandang gelar sebagai agen perubahan sosial, yang mana mahasiswa memiliki peran penting dalam peningkatan kesadaran di setiap aspek atau lini sosial masyarakat. Menjadi mahasiswa selain berkesempatan untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin secara akademis di bangku perkuliahan, juga memiliki kempatan luas untuk meniti karir sejak dini. Misal, dengan fokus kuliah, mahasiswa juga bisa memiliki kerja sampingan.

Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Satu contoh aktifitas yang bisa dilakukan seorang mahasiswa yakni mempunyai pekerjaan sampingan atau biasa disebut part-time dan freelance. Nah, ketika kamu mendengar istilah part-time tentu pikiran kita tertuju pada sebuah kerja praktis, misal menjadi karyawan lepas di restoran cepat saji. Namun, hari ini kita dihadapkan pada realitas kecanggihan teknologi yang tidak bisa dihindari. Tawaran, atau ide kerja sampingan begitu banyak, dan sangat sayang jika mahasiswa tidak bisa mengambil peluag emas tersebut. Lebih-lebih pekerjaan sampingan tersebut banyak yang bisa dikerjakan secara online.

Inilah 7 ide kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang dapat dijalankan secara online

  • Video Editor. Video editor ialah profesi yang memiliki tugas utama mengolah materi, bahan atau data dalam bentuk video dari berbagai sumber dan kemudian menjadikannya satu kesatuan video tunggal atau utuh sesuai dengan tema yang ditentukan. Bagi mahasiswa, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan mengedit sebuah video yang bisa kamu kerjakan dengan berbagai aplikasi yang tersedia di playstore, semisal: Capcut, Kinemaster, dan sebagainya.
  • Fotografer. Aktifitas sebagai seorang fotografer memiliki tugas merekam peristiwa dalam bentuk gambar/ foto dari berbagai objek seperti manusia, tempat-tempat tertentu ataupun peristiwa dengan memanfaatkan alat kamera. Pekerjaan sampingan jenis ini ada yang hanya menawarkan jasa foto komersial secara langsung, yaitu seorang fotografer memotret lalu kemudian mendapatkan upah atau bayaran. Ada juga satu misal memotret orang tunggal, satu keluarga, mengabadikan acara pernikahan, ataupun bisa juga prdouk-produk makanan, pakaian, dan sebagainya. Soal waktu, tenang saja, bagggi mahasiswa seperti kamu pekerjaan fotografi ini bisa banget dilakuin serang diri atau dengan bergabung di sebuah agensi, dan kalau beuruntung kamu akan dibayar per hari bahkan per jam.
  • Guru Bahasa Inggris. Jaman sekarang ini bahasa Inggris mendudukan posisi sebagai bahasa internasional pertama, maka dari itu kompetensi bahasa Inggris ini banyak diidam-idamkan oleh setiap kalangan, yang tua dan juga muda. Bila mahasiswa seperti kamu tidak memanfaatkan peluang ems tersebut, sangat sayang sekali. Pekerjaan sampingan sebagai guru bahasa Inggris tidak membutuhkan modal yang besar, kecuali kemampuan atau kemahiran dalam bahasa Inggris. Nah, tunggu apalagi, silahkan mulailah dari sekarang kamu membuka kelas pembelajaran bahasa Inggris.
  • Jasa translation. Pekerjaan sampingan keempat ini masih berkaitan dengan kemampuan kamu mengenai bahasa, baik itu bahasa Inggris, bahasa Arab atau pun bahasa-bahasa dunia lainnya. Jasa translation sendiri merupakan jasa penerjemahan dokumen bahasa asing yang berkualitas dan dikerjakan oleh penerjemah profesional, berpengalaman dan terpercaya. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang mahir dan mampu atau memiliki pengusaan yang bagus dalam bahasa-bahsa asing yang sedang dibutuhkan di luar sana. Karena itu tadi, modal kamu bisa seorang mahasiswa perlu terlebih dulu menguasai setidaknya dua bahasa; Inggris dan Arab. 
  • Jasa Pembuatan Konten. Kamu Apa itu jasa pembuatan konten? Sebenarnya ini adalah sebuah istilah yang mengarah –atau dapat diartikan- sebagai orang atau pihak yang mengkreasi atau membuat konten. Oleh karena itu, pekerjaan sampingan ini dapat pula disebut bahwa jasa pembuatan konten ialah salah satu dari bidang bisnis atau pekerjaan sampingan yang bertugas memproduksi sebuah konten, baik Youtube, Website, dan sebagai dengan tujuan promosi. Nah, melaui jasa pembuatan konten inilah, kamu yang suka dengan dengan tantangan dan memiliki ketertarikan dengan profesi ini, maka dengan jasa yang kamu berikan akan banyak bisnis-bisnis di luar sana sangat terbantu.
  • Menjual karya seni. Pekerjaan sampingan ini fokus pada kemampuan selling atau mejual sebuah produk. Misalnya, kamu menjual karya-karya seni dari suatu daerah kemduian kamu juala di tempat kamu kuliah, kamu tawarkan kepada dosen-dosen kamu, atau juga teman-teman kamu. Perlu kamu ketahui bahwa Karya seni itu satu hal yang bisa dinikmati oleh semua orang. Nah ini sesungguhnya merupakan peluan, karena kamu bisa melakukan penjualan sebuah karya seni di internet, atau melalui Olshop. Ada tips yang bisa para mahasiswa lakukan ketika ingin menjual karya seni di dunia maya. Yang pertama bisa kamu lakukan melalui Olshop, misal Lazada, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya. Atau juga bisa melalui website pribadi kamu. Nah, juga yang tidak kalah penting, kamu bangun bekerja sama dengan beberapa galeri yang menjual karya seni yang potensial menurut kamu.
  • Guru Les Privat. Pilihan terakhir dalam tulisan 7 Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa: Sambil Online Juga Bisa yakni mejadi seorang guru privat. Guru Les Privat merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan seorang tutor atau guru di luar jam sekolah. Pada konteks ini, sebagai seorang mahasiswa kamu perlu mengatur waktu yang betul-betul pasa agar jangan sampai benturan antara jadwal kuliah kamu dengan les privat yang kamu lakukan.

Nah, dari 7 Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa: Sambil Online Juga Bisa, tinggal bagaimana sekarang memulainya. Saya sakin di antara tema-teman mahasiswa pembaca artikel ini, pasti ada yang memiliki ketertarikan di antara salah satunya. Dan, jika kamu seorang mahasiswa, kira-kira pekerjaan sampingan apa yang bakal kamu pilih, nih?

Posting Komentar untuk "7 Ide Kerja Sampingan untuk Mahasiswa"