Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba

Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah atau punya kerja sampingan yang sudah dijalankan secara sungguh-sungguh. Namun, tidak salah jika kamu menerapkan 10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba. Saya juga punya keyakinan bahwa kamu juga sudah pernah mencoba atau menerapkan tips-tips sukses dari para motivator atau praktisi bisnis, jangan takut untuk terus mencoba siapa tahu dari tips yang saya bagi di dalam artikel kali bisa  membuat kamu lebih giat dan semangat dalam menjalankan kerja sampingan yang sudah kamu tekuni tersebut.

https://kalamada.blogspot.com/
Foto: 10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba

Berikut ini adalah 10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba dan harapan saya, kamu bisa memaksimalkan kerja sampingan kamu dan mendapat untung banyak.

1. Pilihlah Kerja Sampingan Sesuai Minatmu

Pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan kerja sampingan ialah kesusuaian dengan minat kamu. Jangan tergiur untuk menentukan Kerja Sampingan asal-asalan. Maka dari itu, jika kamu memilih pekerjaan sampingan dengan tanpa mempertimbangkan minatmuu, tentu kamu juga harus selalu siap untuk menanggung kerugian suatu saat nanti, rugi waktu, tenaga, bahkan uang.

Di sinilah pentingnya memililih sebuah kerja sampingan dengan tetap mempertimbangkan minatmu sendiri, sesuai dengan bakat dan juga potensi yang kamu punya.

2. Punya Target dan Tujuan yang Realistis

Sudah menjadi keniscaan, bahwa sebuah keputusan memilih kerjaan sampingan maka sudah barang tentu dipertimbangkan pula arah serta tujuan dari kerja sampingan yang akan dilakukan.

Tanpa memiliki arah atau tujuan yang pasti, besar kemungkinan kamu akan menghadapi kesulitan-kesulitan yang di luar prediksi, baik dari segi proses yang kamu jalani, hasil dan segala sesuatunya. Oleh karena itu, teman-teman semua penting bagimu untuk memastikan sebuah tujuan di awal ketika memutuskan kerja sampingan yang dipilih. Misal, kamu ingin memiliki tabungan pribadi agar suatu waktu bisa berwisata atau rekreasi, dan contoh-contoh lainnya.

3. Pengaturan Waktu yang Efisien

Perlu diperhatikan, bahwa sebagian besar pengusaha pemula mengalami masa-masa sulit dalam mengatur waktu. Manajemen atau pengaturan waktu yang baik merupakan salah satu kunci yang paling efektif dan esifein untuk meraih keberhasilan dalam kerja sampaingan yang kamu jalankan.

Oleh karena itulah, kamu perlu dan wajib mentakan skala prioritas waktu agar dapat memaksimalkan waktu dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan.

4. Memiliki Rencana Keuangan yang Baik

Di luar sana, cukup banyak para pengusaha atau usahawan yang baru memulai karirnya berpikiran bahwa menjalankan suatu usaha atau kerja sampingan hanya perlu membahas soal modal awal. Meskipun modal juga berpengaruh penting, namun setiap kerja, usaha atau bisnis yang matang tetap harus mengupayakan sebuah perencanaan modal atau keuangan yang matang.

Contoh real, kamu harus menetapkan terlebih dulu anggaran-anggaran seperti peralatan yang akan kamu gunakan, sewa tempat atau lokasi, investasi dan lain sebagainya.

5. Usaha Pemasaran yang Maksimal

Setiap usaha ataupun bisnis, misal dalam bentuk jualan produk atau jualan jasa meniscayakan untuk tetap melakukan promosi. Jika kamu tidak berusaha sungguh-sunggguh dalam hal pemasaran, maka kamu akan merasakan sepinya order atau sepinya pengunjung atau juga pembeli. Maka dari itu, kemampuan dalam memasarkan sebuah bisnis atau usaha sampingan sangat penting, namun kamu jangan terlalu khawatir karena kamu bisa mempelajari cara pemasaran lewat berbagai macam cara, dan salah satunya kamu bisa mencari inspirasi atau cara pemasaran yang efektif melalui internet dan sebagainya.

6. Mengedepankan Sikap Rendah Hati dengan Pelanggan

Ketika sudah memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha atau kerja sampingan, tentu kamu membutuhkan pelanggan aktif. Dalam menjalan kerja samapingan Kamu akan selalu butuh membutuhkan akan keberadaan pelanggan, dimana pelanggan tersebut merupakan merupakan objek atau sasarn agar mereka memakai jasa kamu atau membeli produkmu.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan betul dan sungguh-sungguh memperhatikan kualitas hubunganmu dengan para pelanggan, sehingga mereka tetap berlangganan dan percaya kepada servis yang kamu berikan.

7. Membuat Promosi yang Rutin di Media Sosial

Hari ini sudah tidak ada alasan untuk abai dengan media sosial, terutama bagi seorang yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Tersedia banyak sekali platform media sosial yang bisa diunduh secara gratis. Nah, kamu bisa memanfaatkan beberapa media sosial, seperti: WhatsApp, Facebook, Instagram, dan sebagainya untuk mengenalkan orang-orang atau mengetahui tentang profil kamu.

Karena, hari ini setiap orang hampir bisa dipastikan terhubung dan berkomunikasi menggunakan media sosial. Maka dari itu, kamu wajib memaksimalkan pemasaran jasa atau produk kerja sampingan kamu di media sosial dengan cara membuat konten-konten menarik, agar memancing rasa penasaran orang-orang terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

8. Update Sesuatu yang Aktual

Tips kedelapan dari 10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba adalah menyuguhkan sesuatu yang baru alias update. Hal in penting mengingat kecederungan sebagian besar orang yang cepat merasa bosan melihat promosi yang statis atau tidak ada penyegaran atau hal yang baru sama sekali.

Maka, di sini penting bagi kamu mengelola atau mengemas stok produk atau jasa kamu yang baik. Dengan menjaga dan melakukan kontrol atau pengaturan, hal tersebut menandakan sikap profesional kamu dalam bekerja.

9. Usaha Mengembangkan Kerja Sampingan

Seiring berjalannya waktu, kerja sampingan yang kamu lakukan akan memunculkan tantangan atau problem. Lantas bagaimana kamu menyikapi? Tentu saja hal tersebut harus dihadapi denga kepala dingin, karena merukan sesuatu yang normal dalam usaha atau kerja sampingan.

Satu contoh, misal meningkatnya jumlah orderan kamu yang signifikan dari hari ke hari, maka kamu akan mulai menimbang dan berpikir untuk mempekerjakan karyawan.

10. Memperbanyak Relasi atau Hubungan Bisnis

Jika usaha atau kerja sampingan yang kamu rinstis sudah berkembang, maka sudah saatnya kamu mencari partnership atau relasi bisnis. Hal pertama yang perlu kamu lakukan, yakni membangun hubungan partnership atau relasi dengan rekan yang memiliki visi dan tujuan yang sama dengan bisnis kamu. Dan, langkah berikutnya kamu juga wajib membuat sebuah kontrak atau perjanjian untuk mencapai bisnis yang semakin prospek ke depannya.

Semoga Sukses Selalu untuk Kamu yang Sedang Merintis Kerja Sampingan

Itulah 10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba yang boleh jadi menjadi sumber penghasilan tambahan untuk kamu. Dalam menjalankan kerja sampingan, Kamu tidak perlu terlalu terburu-buru memakai modal besar. Jika kerja sampingan yang kamu jalankan ternyata menunjukan kemajuan yang pesat, maka tidak ada salahnya menggembangkan kerja sampingan kamu sebagai bisnis atau usaha tetap dan kemudian kamu menambahkan modal yang besar untuk mencapai keuntungan yang besar pula.

Posting Komentar untuk "10 Tips Sukses Kerja Sampingan yang Wajib Kamu Coba"